Pasar Monopoli
Pasar
Monopoli adalah suatu
bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu
penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:
1. 1.hanya ada satu produsen yang menguasai
penawaran;
2. tidak ada
barang substitusi/pengganti yang mirip
3. produsen
memiliki kekuatan menentukan harga dan
tidak ada pengusaha lain yang bisa
memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
Kebaikan
:
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
- Dapat meningkatkan daya saling bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
- Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
- Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten
Keburukan :
- Perusahaan lain sulit memasuki pasar
- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
- Jumlah produk tergantung monopolis
- Monopolis umumnya bertindak boros
- Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
- Dapat meningkatkan daya saling bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
- Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
- Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten
Keburukan :
- Perusahaan lain sulit memasuki pasar
- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
- Jumlah produk tergantung monopolis
- Monopolis umumnya bertindak boros
- Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
Contoh : PDAM dan PLN