Rabu, 28 November 2012

Pengertian Pasar Monopoli dan ciri-cirinya


Pasar Monopoli
Pasar Monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:

1.                  1.hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran;

2. tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip

3. produsen memiliki kekuatan menentukan harga dan
tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.





Kebaikan :
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
- Dapat meningkatkan daya saling bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
- Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
- Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten

Keburukan :
- Perusahaan lain sulit memasuki pasar
- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
- Jumlah produk tergantung monopolis
- Monopolis umumnya bertindak boros
- Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen

Contoh : PDAM dan PLN